Pakai Kacamata Bisa Timbulkan Jerawat, Ini Cara Perawatannya yang Benar

kacamataSering tumbuh jerawat di dahi, sekitar pipi atau hidung? Jika Anda pengguna kacamata, bisa jadi kacamata Anda penyebabnya. Penyimpanan dan perawatan kacamata yang kurang tepat memang bisa menimbulkan jerawat. Agar terhindar dari masalah kulit akibat pemakaian kacamata, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Bersihkan Kacamata Secara Berkala
Frame kacamata berpotensi menumpuk bakteri dan kotoran yang bisa menyebabkan jerawat, maka penting untuk membersihkannya minimal satu kali sehari. Marni Bessler, dokter mata asal New Jersey menyarankan untuk mengelap kacamata Anda dengan kain halus yang sudah dibasahi campuran air dan sabun. Menggunakan alkohol atau tisu basah juga bisa menjadi alternatif.

2. Gunakan Kosmetik Bebas Minyak
Dermatologist Chynna Steele mengatakan, tekanan dari frame kacamata akan menutupi pori-pori kulit dan bisa membuat kosmetik apapun yang Anda kenakan menjadi komedogenik (menyumbat pori-pori).

Maka dari itu selalu gunakan produk yang non-komedogenik yang bebas minyak dan terbuat dari partikel-partikel lebih kecil sehingga tidak mudah menyumbat pori. “Make-up mineral bisa jadi pilihan terbaik karena dia transparan dan ringan,” ujar Chynna seperti dikutip dari Women’s Health.

3. Taruh di Case Khusus
Jangan menaruh kacamata di dalam tas, meja atau tempat lainnya sembarangan tanpa case. Tempat-tempat tersebut berpotensi menyebarkan bakteri dan bukan tidak mungkin, bakteri dan kotoran akan berpindah ke kacamata Anda.

“Setiap kali melepas kacamata, harus langsung ditaruh di case khusus terutama setelah Anda membersihkannya,” tutur Marni.

4. Bingkai Kacamata Jangan Terlalu Ketat
Tekanan dari bingkai dan tungkai kacamata juga bisa menyumbat pori-pori di kulit sekitar mata. Jadi pastikan frama kacamata Anda tidak terlalu ketat atau kencang. Anda bisa menyesuaikannya di toko atau tempat servis kacamata agar tidak terlalu longgar ataupun ketat. Tidak hanya untuk kenyamanan tapi juga mencegah kerusakan kulit.

sumber : detik.com