Musrenbang Kabupaten Pandeglang untuk Sinergi Pembangunan

thumb2Pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) merupakan implementasi dari amanat Undang-undang Nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional. Musrenbang juga merupakan forum antar para pelaku pembangunan dalam menyusun rencana kerja pemerintah daerah tahun 2015.


“Pelaksanaan musrenbang ini bertujuan untuk mendapatkan masukan dalam penyusunan RKPD kabupaten,  sinkronisasi agenda dan prioritas pembangunan kecamatan dengan program prioritas SKPD yang memerlukan dukungan pendanaan, baik yang bersumber dari APBD kabupaten, provinsi maupun APBN,” kata Bupati Pandeglang H Erwan Kurtubi dalam acara pembukaan Musrenbang RKPD di Aula Pendopo Pandeglang, Kamis (3/4/2014) seperti rilis yang diterima radarbanten.com.

Hadir dalam acara ini Wakil Bupati Pandeglang Hj Heryani, forum komunikasi pimpinan daerah, Ketua DPRD Roni Bahroni, Dewan Riset Daerah (DRD), Sekda Pandeglang Dodo Juanda, para staf ahli bupati, seluruh kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD), dan Ketua TP PKK Kabupaten Pandeglang Hj Siti Erna Nurhayati Erwan.

Dikatakan Bpati, dalam pelaksanaan pembangunan Kabupaten Pandeglang tahun 2015 terdapat beberapa isu strategis dan prioritas pembangunan, di antaranya peningkatan infrastruktur pada kawasan pariwisata dan pertanian serta pengentasan kemiskinan dan desa tertinggal.

“Berbagai isu strategis dan prioritas  pembangunan tersebut menuntut adanya kebersamaan. Kami berharap melalui forum musrenbang ini diharapkan semua pihak dapat memberikan berbagai masukan strategis dalam rangka mengatasi berbagai permasalahan yang kita hadapi,” lanjutnya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pandeglang Aah Wahid Maulani mengatakan, musrenbang RKPD merupakan salah satu tahapan dari berbagai tahapan musrenbang secara berjenjang baik pusat maupun daerah.

“Sebelum pelaksanaan musrenbang RKPD, terlebih dahulu kami laksanakan musrenbang Desa atau kelurahan, musrenbang kecamatan, forum SKPD atau forum gabungan SKPD, rapat koordinasi bidang, dan forum konsultasi publik,” katanya.

Sumber : radarbanten.com