Cukup Makan Satu Butir Telur Setiap Hari Kurangi Risiko Stroke

TERASBANTEN.com – Sehat studi baru yang digagas oleh American Egg Board mengungkap fakta bahwa makan satu butir telur setiap hari dapat kurangi risiko stroke.

Temuan ini didasari pada tinjauan sistematis dan meta-analisis studi banding yang dilakukan pada 1982 dan 2015. Kemudian dievaluasi hubungan antara asupan telur dan penyakit jantung koroner (276 ribu penderita) dan stroke (308 ribu penderita).

Mereka menemukan konsumsi satu butir telur setiap hari tidak ada hubungannya dengan penyakit jantung koroner, tapi ada penurunan risiko penyakit stroke sekira 12 persen.

Pasalnya, kuning telur ukuran besar seberat 6 gram, kuning telurnya mengandung protein, antioksidan lutein, zeaxanthin, vitamin E, D dan A.

“Telur memiliki banyak nutrisi baik, termasuk antioksidan yang terbukti mengurangi stres dan peradangan. Telur juga sumber protein baik yang dapat menurunkan tekanan darah,” kata Kominik Alexander dari EpidStat Institute Amerika Serikat, seperti dikutip Chinadaily, Jumat (11/11/2016).

Penelitian tersebut juga memberi dukungan pada pola makan sehat yang diterbitkan 2015 Dietary Guidelines di Amerika Serikat. Tercantum di dalamnya, tak hanya menghindari makanan berkolesterol, tapi juga konsumsi telur secara teratur sebagai sumber protein sehat. @DF