Begini Menghadapi Kram Menstruasi di Kantor yang Bikin Hari Runyam

Bayangkan saja, ketika Anda dikejar deadline kantor bersamaan dengan hari pertama menstruasi. Rasanya pasti menyengsarakan. Apalagi kram perut menstruasi sama sekali tidak bisa berkompromi dengan kondisi Anda.

Jangan manangis dulu Ladies, ada beberapa tips untuk meredakan kram menstruasi saat bekerja.

Obat penghilang rasa

Bila terpaksa, sesekali menenggak ibuprofen atau aspirin mampu meredakan kram menstruasi. National Health Service menyarankan untuk Anda yang memiliki asma, masalah pencernaan, ginjal, atau liver, untuk tidak menghindari konsumsi ibprofen dan aspirin, untuk mencegah komplikasi.

Olahraga

Meski badan mager (malas gerak) saat kram menstruasi, coba deh bangun niat Anda untuk berjalan-jalan keliling kantor sekira 10-15 menit. Bila sempat, cari ruangan kosong untuk melakukan peregangan yoga untuk meredakan rasa sakit.

Kompres dengan botol panas

Tenang sejenak. Isi botol kaca dengan air panas, balut dengan handuk tipis, dan terapkan pada bagian perut yang kram. Cara ini ampuh untuk mengatasi sakit kram pada hari pertama menstruasi.

Memijat

Pijatlah daerah yang menyakitkan seperti di area bagian punggung atau perut bawah untuk mengurangi rasa sakit. Rasa kram ini disebabkan oleh hormon prostaglandin. Kram yang dirasakan terkadang bisa menjalar hingga ke kaki.

Berhenti merokok

Berhenti merokok dapat membantu meringankan kram menstruasi. Menurut penelitian di Australia pada 2014, wanita yang merokok memiliki risiko mengalami nyeri saat menstruasi, dibandingkan wanita yang tidak merokok. @NIKO