Jokowi: Kita Fokus Infrastruktur dan Investasi!

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas). Dia mengingatkan banyak hal kepada seluruh kepala daerah yang hadir. Salah satunya adalah tentang rencana anggaran.

Menurut Jokowi, selama ini anggaran disusun tanpa memiliki fokus yang jelas. Bahkan, tak jarang kenaikan APBD dan APBN berdampak pada kenaikan anggaran pada tingkat kedinasan tanpa ada suatu tujuan yang jelas.

“Kalau ada tambahan APBD-APBN 10% langsung semua dinas naik 10%, di kementerian juga sama naik 10% semuanya. Kelihatannya sepele, tapi kalau tidak diubah tidak akan mendapatkan hasil yang baik,” ungkap Jokowi di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (26/4/2017).

Untuk itu, Jokowi menginginkan agar setiap daerah memiliki fokus dalam menyusun anggaran. Dengan begitu, kebermanfaatan anggaran dapat dirasakan oleh masyarakat.

“Saya sampaikan ke menteri, kita mau fokus pada infrastruktur dan investasi. Di dinas juga sama, tahun ini kok kita enggak dapat tambahan. Enggak usah, fokus pelayanan saja. Hasilnya akan nampak. Tapi kalau mengulang rutinitas kita, hasilnya lupakan,” ungkapnya.

Jokowi juga menekankan pentingnya integrasi dalam menyusun anggaran. Hal ini harus diperhatikan agar anggaran dapat bermanfaat untuk pembangunan.

“Kedua, integrasi desa, provinsi, kabupaten dan kota itu betul-betul harus terkonsolidasi dengan baik,” tutupnya. @NIKO