Ini Alasan Jangan Taruh Ponsel di Bawah Jok Motor

Ramai di jejaring sosial, sebuah foto memperlihatkan kasus motor meledak yang diklaim karena telefon genggam ditaruh di bawah jok. Namun, kabar tersebut ternyata hanya hoax.

Akan tetapi, kasus ini menjadi pertanyaan, apakah ponsel yang ditaruh di bawah jok berpotensi meledak?

Menurut Pengamat Multimedia, Heru Sutadi, baterai dalam handphone memang tidak boleh diperlakukan secara sembarangan, apalagi terkena panas berlebih, bisa mengakibatkan ledakan.

“Dalam komponen ponsel itu ada baterai dan baterai memang tidak bisa diperlakukan secara sembarang. Ingat saja kasus Galaxy Note 7 yang meledak akibat baterai. Baterai tidak boleh misalnya terkena panas berlebih,” ujarnya.

Sebenarnya motor juga berpotensi terbakar bila ponsel dalam keadaan panas disimpan di dalam jok motor, “Kalau terkena panas berlebih bisa meledak, karena berpotensi berbahaya, makanya jika didekat ada pemicu lain seperti aki, bensin tentunya bisa memberikan efek lebih besar,” kata Heru.

Walaupun ponsel dalam keadaan mati, risiko meledak pun akan tetap terjadi. Ponsel tersebut akan panas dan kena percikan arus listrik dari aki dan dekat dengan tangki bensin, hal itu makin meningkatkan risiko jika baterai ponsel meledak. @NIKO