Ini Tips Atasi Gangguan Pesan dalam Grup WhatsApp

Saat menggunakan WhatsApp, pengguna mungkin merasa terganggu karena terlalu banyak pesan yang masuk saat berada dalam grup. Ketimbang mengikuti obrolan yang tidak terlalu dipahami, pengguna memilih untuk membiarkan notifikasi yang muncul bertubi-tubi.

Berikut ini tips yang bisa pengguna lakukan untuk mengatasi gangguan pesan-pesan WhatsApp tersebut.

Hilangkan Bunyi Pesan Masuk

Saat ponsel pengguna tidak dalam posisi silent, maka pesan WhatsApp yang masuk bisa berbunyi. Untuk mematikan bunyi pesan masuk, pengguna bisa melakukan pengaturan di WhatsApp.

Pertama, masuk ke Settings, kemudian klik Notifications. Lalu, hilangkan tanda centang di Conversation tones. Masih di ruang Notifications, lebih spesifik lagi, pengguna bisa mencari Group notifications lalu memilih None pada Notification tone.

Matikan Notifikasi Getar

Saat berada di ruang pengaturan Notification, pengguna menuju Group notifications dan matikan getar atau off pada pilihan Vibrate. Dengan demikian, saat ada pesan masuk dalam grup, ponsel pengguna tidak akan bergetar.

Hentikan Popup Pesan Masuk

Dalam pengaturan Notifications di WhatsApp, pengguna juga bisa menemukan Popup notification di bawah pengaturan Vibrate pada Group notifications. Matikan Popup dengan memilih No popup dari pilihan yang tersedia.

Mute Pesan Grup

Apabila pengguna ingin mematikan notifikasi pesan yang masuk di grup WhatsApp untuk periode tertentu, maka pengguna bisa memakai fitur Mute dan pilih berapa lama Anda mengaktifkan modus mute tersebut.

Tandai Pesan Telah Terbaca

Beberapa grup WhatsApp yang pengguna ikuti bertubi-tubi mengirimkan pesan masuk. Untuk menghilangkan notifikasi pesan yang belum terbaca, pengguna bisa mengetuk layar dan menahannya pada salah satu pesan grup yang belum terbaca, kemudian menandai beberapa grup dan klik di pojok kanan atas opsi untuk memilih Mark as read.

Keluar dari Grup

Fitur keluar dari grup atau Exit group merupakan cara paling efektif agar pengguna tidak lagi terganggu dari pesan-pesan yang masuk. Pastikan pengguna tidak memiliki kepentingan apapun di dalamnya dan diharapkan tidak mengganggu hubungan sosial antar pengguna di dunia nyata. @NIKO