Ketua MPR: Pendidikan Kunci Menangkan Persaingan

Ketua MPR Zulkifli Hasan mengatakan pendidikan menjadi kunci utama memenangkan persaingan dengan bangsa lain.

Zulkifli mengatakan ukuran kemajuan dan kesejahteraan suatu bangsa bukan hanya dari kekayaan sumber daya alamnya. Yang utama, yaitu adalah sumber daya manusianya. “Ini yang berhubungan erat dengan kualitas pendidikan,” kata dia melalui siaran pers, Jumat (5/5).

Dia menxontohkan Singapura dengan luas wilayah lebih kecil dari Indonesia dan miskin sumber daya alam namun menjadi negara modern. Singapura memiliki tingkat kemajuan dan kesejahtetaan rakyatnya yang lebih tinggi dari Indonesia.

“Indonesia yang merupakan negara sangat luas dengan kekayaan sumber daya alamnya yang luar biasa tapi tingkat kemajuannya masih di bawah Singapura? Itulah kenapa pendidikan sangat penting,” kata Zulkifli.

Zulkifli menyatakan pendidikan yang baik akan mendorong generasi muda untuk memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi. Ilmu pengetahuan menjadi modal untuk menjadi manusia yang berkualitas.

“Sebuah penelitian ilmuwan dunia menyampaikan bahwa orang hebat itu yang menguasai ilmu pengetahuan. Manusia bisa hebat karena menguasai ilmu pengetahuan dan daya saing tinggi.  Dalam Islam pun, Rasulullah mengajarkan tentang pentingnya menimba ilmu,” kata dia. @NIKO