861 Anak di Kota Serang Menghuni Panti Sosial Anak

terasbanten.com – Dari catatan Dinas Sosial Kota Serang ada 13 Panti Sosial Anak yang eksis/aktif dari 23 jumlah Panti yang ada. Sementara untuk jumlah penghuni dari ke 13 panti tersebut terbilang 861 anak.

Hendri Sundiarni, Kasi Rehabilitasi Kesejahteraan Sosial Anak dan Lanjut Usia mengatakan, latar belakang penghuni panti tersebut sama dengan kota-kota lain yang ada di Indonesia yaitu disebabkan oleh ketidakmampuan keluarga dalam melindungi, menafkahi anak, dan yang menyangkut hal lainnya.

“Anak yang ada di panti itu harus dikontrol dengan baik. Untuk pengontrolannya itu biasa dilakukan 3 bulan sekali. Tim dari Dinsos memberika Coach Teaching (Pelatihan) kepada pengurus panti. Ini sangat penting dilakukan, karena jika tidak dilakukan, dikhawatirkan muncul hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Hendri.

Tidak hanya pelatihan, penanganan dan pelayanan juga diberikan kepada anak-anak yang ada di panti asuhan, mulai dari bantuan sarana pendidikan hingga kebutuhan pokok lainnya.

“Bantuan itu diberikan secara bergiliran dari dana yang sudah dipetakan ke setiap panti yang ada. Pengajuannya melalui proposal dari panti asuhan itu,” terangnya.

Ia menambahkan, ke 13 panti yang eksis  di Kota Serang tersebut bisa dikatakan cukup sehat, dalam artian pelayanannya terhadap penghuni panti. Namun demikian, panti bukanlah tempat yang terbaik. Panti adalah alternatif saja. Karena sebaik-baiknya tempat adalah di lingkungan keluarga.(Niko)